Logo ABC

Australia Diam-diam Datangkan dan Mukimkan Terduga Pembunuh 8 Turis

Delapan turis tewas dalam serangan di Uganda pada akhir tahun 1990-an. Terduga pelaku kini diterima di Australia menyusul kesepakatan dengan AS.
Delapan turis tewas dalam serangan di Uganda pada akhir tahun 1990-an. Terduga pelaku kini diterima di Australia menyusul kesepakatan dengan AS.
Sumber :
  • abc

Dua pria asal Rwanda yang dituduh membunuh turis pada tahun 1999 telah dimukimkan di Australia sebagai bagian dari pertukaran pengungsi dengan Amerika Serikat yang telah menahan keduanya selama 15 tahun.

Meski dua warga Rwanda telah ditahan di AS selama 15 tahun, namun mereka gagal didakwa. Kasus mereka dihentikan hakim yang menemukan pengakuan terdakwa dilakukan di bawah penyiksaan. Tidak diketahui apakah Australia menerima kedua orang ini sebagai imbalan AS yang menerima pengungsi dari Pulau Manus.

Media di AS melaporkan kedua pria yang terlibat pembunuhan delapan turis di Uganda dibawa ke Australia pada November 2018.

Disebutkan, hal ini sebagai bagian dari pertukaran pengungsi yang dinegosiasikan oleh mantan Perdana Menteri Malcolm Turnbull dan pihak Pemerintahan Presiden Barack Obama.

Kedua orang ini telah mendekam dalam tahanan imigrasi AS setelah upaya mengadili mereka gagal.

Depadagri Australia yang membawahi imigrasi menolak mengomentari laporan itu. Namun sumber ABC menyebutkan kedua tersangka pembunuh itu telah dimukimkan di sana sejak tahun lalu.

Pada 2016, PM Turnbull membuat kesepakatan pertukaran pengungsi dengan Presiden Obama.