Logo BBC

Kekeringan Terburuk Setelah Hampir 40 Tahun Melanda Korea Utara

Warga Korea Utara diperintahkan melindungi lahan pertanian mereka setelah hasil panen terpengaruh musm kering. - WFP
Warga Korea Utara diperintahkan melindungi lahan pertanian mereka setelah hasil panen terpengaruh musm kering. - WFP
Sumber :
  • bbc

Korea Utara menyatakan tengah mengalami kekeringan terburuk selama 37 tahun dan telah menyeru kepada rakyatnya untuk berperang melawan gagal panen.

Media pemerintah Korut, KCNA , melaporkan curah hujan setinggi 54,4 mm jatuh di seantero negeri dalam lima bulan pertama tahun ini. Angka itu adalah yang terendah sejak 1982.

Harian terbesar Korut, Rodong Sinmun , menyebut air diperlukan sekarang dan negara tersebut berjuang keras mencegah kerusakan yang ditimbulkan kekeringan.

"Para pekerja di sektor pertanian, bahu-membahu guna melindungi lahan pertanian secara menyeluruh dari kerusakan musim kering," sebut harian itu.

Pemaparan tersebut mengemuka sebulan setelah badan Program Pangan Dunia (WFP) dan Organisasi Pertanian dan Pangan (FAO) mengeluarkan laporan bahwa hasil panen Korut pada 2018 menyentuh taraf terendah sejak 2008.

Laporan menekankan bahwa sebanyak 10 juta orang, yang mencapai 40?ri populasi, "memerlukan bantuan pangan yang mendesak".

Sepanjang tahun ini, menurut laporan tersebut, warga Korut bertahan hidup dengan mengonsumsi 300 gram makanan setiap hari.