Logo ABC

Tiga Kandidat Pengganti Bill Shorten di Partai Buruh Australia

Anthony Albanese kalah telak dari Bill Shorten dalam pemilihan kepemimpinan di Partai Buruh tahun 2013 lalu.
Anthony Albanese kalah telak dari Bill Shorten dalam pemilihan kepemimpinan di Partai Buruh tahun 2013 lalu.
Sumber :
  • abc

Setidaknya sudah tiga kandidat muncul untuk mengambil alih kepemimpinan di partai buruh pascakekalahan mengejutkan partai tersebut di pemilu federal Australia 2019 dan pengunduran diri Bill Shorten.

Kandidat pengganti Bill Shorten di Partai Buruh

Partai Buruh mencari pemimpin baru setelah Bill Shorten memutuskan untuk mundur. Wakil Ketua Partai Buruh Federal Tanya Plibersek telah menyatakan dirinya mempertimbangkan untuk mencalonkan diri. Frontbencher Anthony Albanese dan Chris Bowen adalah beberapa pesaing lainnya.

Anthony Albanese menjadi orang pertama yang secara resmi mengumumkan akan maju dalam bursa kandidat pemimpin partai buruh federal Australia yang baru untuk menggantikan Bill Shorten.

Bill Shorten mengumumkan pengunduran dirinya sebagai ketua partai buruh federal setelah partainya mengalami kekalahan dalam pemilu federal Australia 2019 pada Sabtu (18/5/2019). Sebelumnya, Bill Shorten telah memimpin Partai Buruh selama enam tahun.

"Saya percaya saya adalah orang terbaik untuk memimpin Partai Buruh kembali ke pemerintahan," kata Albanese.

"Kami telah kalah dalam tiga pemilihan umum secara berturut-turut. Itu berdampak pada orang-orang di Australia yang mengandalkan kami untuk meningkatkan pendidikan mereka, untuk menjaga kesehatan mereka, untuk membangun infrastruktur transportasi umum."