Logo BBC

Mengapa Kehamilan Tak Diinginkan Banyak Terjadi di Greenland

Proyek Boneka bertujuan mengurangi jumlah kehamilan yang tak diinginkan di kalangan remaja, mengurangi penyakit akibat hubungan seksual dan meningkatkan penggunaan metode kontrasepsi. - PAARISA
Proyek Boneka bertujuan mengurangi jumlah kehamilan yang tak diinginkan di kalangan remaja, mengurangi penyakit akibat hubungan seksual dan meningkatkan penggunaan metode kontrasepsi. - PAARISA
Sumber :
  • bbc

"Saya tidak berpikir dua kali. Kami bicara tentang aborsi dengan terbuka. Saya ingat bercerita kepada teman-teman dan keluarga terakhir kalinya saya melakukan hal itu," kata Piia (bukan nama sebenarnya), seorang perempuan berusia 19 tahun dari Greenland mengatakan kepada BBC.

Ia pernah melakukan lima aborsi dalam dua tahun terakhir.

"Saya biasanya memakai pelindung tapi kadang-kadang lupa. Saya tak bisa punya bayi sekarang ini, saya sedang di tahun terakhir sekolah saya," kata remaja asal Nuuk, Ibu Kota Greenland.

Dan ia tidak sendirian.

Menurut statistik pemerintah, sejak 2013 ada sekitar 700 kelahiran dan 800 aborsi setiap tahun.

 Mengapa Greenland memiliki angka aborsi yang tinggi?


Di ibu kota Nuuk, pelajar banyak yang menjuluki hari Rabu sebagai "hari aborsi" - CHRISTIAN KLINDT SOELBECK

Kehamilan diakhiri

Greenland adalah pulau terbesar di dunia tapi jumlah penduduknya sangat sedikit, hanya 55.992 jiwa pada 1 Januari 2019 menurut Statistics Greenland.

Lebih dari separuh perempuan yang hamil memutuskan untuk mengakhiri kehamilan mereka daripada melanjutkannya. Ini berarti ada 30 aborsi setiap seribu orang perempuan.

Sebagai perbandingan, di Denmark angka aborsi adalah 12 pada setiap seribu perempuan, menurut statistik resmi.

Sekalipun resminya Greenland memiliki pemerintahan sendiri, ia masih merupakan wilayah yang tergantung pada Denmark.

Kesulitan ekonomi, perumahan yang buruk dan kurangnya pendidikan mungkin menyumbang pada angka aborsi yang tinggi, tetapi ini semua tidak menjelaskan segalanya di negeri di mana kontrasepsi gratis dan mudah diakses.