Media Asing Ramai Beritakan Kemenangan Jokowi-Ma'ruf

Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin mengikuti debat kelima Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu, 13 April 2019.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Komisi Pemilihan Umum telah mengumumkan hasil rekapitulasi nasional Pilpres 2019, dini hari tadi. Hasilnya, petahana Joko Widodo dan Ma'ruf Amin ditetapkan sebagai pemenang.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Berdasarkan hasil rekapitulasi akhir, Jokowi-Ma'ruf meraih perolehan suara sebanyak 85.607.362 suara atau 55.50 persen, sementara rivalnya yakni Prabowo-Sandiaga memperoleh dukungan suara sebesar 68.650.239 atau 44.50 persen.

Hasil ini pun ramai-ramai diberitakan media asing dari berbagai negara. Salah satunya yakni media asal Singapura, Channel News Asia yang memuat artikel berjudul "Indonesia's Joko Widodo wins second term as president."

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

"Joko Widodo memenangkan masa jabatan kedua sebagai presiden di negara demokrasi terbesar ketiga di dunia berdasarkan hasil resmi pada Selasa 21 Mei 2019. Komisi pemilihan diharapkan mengumumkan penghitungan akhir pada hari Rabu ini, namun di tengah kekhawatiran tentang kerusuhan dan demonstrasi, hasil resmi dirilis lebih awal," demikian ditulis Channel News Asia dalam artikelnya.

Media terkemuka asal Inggris, The Guardian, juga memberitakan kemenangan Jokowi dengan artikel berjudul, "Indonesia election: official count hands victory to Joko Widodo as rival cries foul."

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

"Presiden petahana Joko Widodo memenangkan pemilihan umum dengan 55.5 persen suara, dibandingkan 44.5 persen untuk penantangnya, pensiunan jenderal Prabowo Subianto," demikian artikel The Guardian.

Media Amerika Serikat, The New York Times (NYT), menuliskan artikel hasil keputusan KPU dengan judul, "Joko Wins Re-Election in Indonesia, Defeating Hard-Line Former General."

Dalam artikelnya, NYT memberitakan kemenangan petahana dengan menyebut Jokowi sebagai seorang teknorat demokrat yang dalam pemerintahan sebelumnya berfokus pada proyek-proyek infrastruktur dan menjunjung keragaman agama dan etnis Indonesia. 

Media Prancis, France24, dalam artikelnya menyebut hasil ini memberikan kemenangan yang 'nyaman' bagi Joko Widodo, meskipun bisa memicu tantangan hukum dan potensi protes di jalanan setelah rivalnya Prabowo mengklaim kecurangan yang meluas.

Media berbahasa Inggris dan Arab yang berbasis di Qatar, Al Jazeera, menuliskan Presiden Indonesia Joko Widodo telah mengalahkan saingannya, Prabowo Subianto, untuk memenangkan masa jabatan kedua. "Komisi pemilihan negara itu mengumumkan hasil beberapa jam sebelum oposisi memprotes hasil akhir pemungutan suara."

Sementara media Turki, Anadolu Agency, memuat artilel berjudul "President Joko Widodo re-elected in Indonesia election." Anadolu menulis ini adalah kali kedua Jokowi mengalahkan saingannya, mantan komandan pasukan khusus Prabowo Subianto. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya