Trump Ucapkan Selamat kepada Jokowi dan Rakyat Indonesia

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump
Sumber :
  • Twitter.com/@realDonaldTrump

VIVA – Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia atas kesuksesan pelaksanaan Pemilu 2019.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Melalui suratnya, Trump mengatakan bahwa Indonesia telah melalui proses transformasi demokrasi yang luar biasa dan patut dijadikan contoh bagi bangsa-bangsa lainnya. Dia juga menegaskan kembali komitmennya untuk memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

“Saya ucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia atas pelaksanaan pemilu yang berlangsung bebas, adil, dan damai, serta untuk pertama kalinya, pelaksanaan pemilihan legislatif dan presiden dilaksanakan pada saat bersamaan,” kata Presiden Trump mengawali suratnya, seperti dikutip keterangan resmi KBRI Washington DC.

Menhan AS Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Ditetapkan Sebagai Presiden Terpilih

Trump menyebutkan, perkembangan demokrasi Indonesia dalam kurun 20 tahun terakhir sangat luar biasa.

“Saya mengetahui bahwa tingkat partisipasi pemilih tahun ini yang mencapai 80 persen merupakan yang paling tinggi. Indonesia patut menjadi contoh bagi bangsa-bangsa lainnya di dunia,” ujar Trump.

PKS Komitmen Bangun Indonesia bersama NasDem dan PKB hingga Sakaratul Maut

Dalam surat tertanggal 21 Mei 2019 tersebut, Presiden Trump juga menyampaikan rasa bangganya atas kemitraan strategis yang telah terjalin antara kedua negara, yang merupakan negara demokrasi terdepan di dunia. 

“Indonesia dan AS memiliki kesamaan pandangan terhadap isu kawasan dan pentingnya penegakan hukum serta perlindungan kebebasan hak-hak fundamental,” ujar Trump. 

Selain Presiden Trump, Pemilu 2019 di Indonesia juga mendapatkan pujian dari banyak media serta lembaga think tank asing yang menyebutnya sebagai pemilu langsung yang paling besar dan kompleks di dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya