Logo BBC

Skandal Seks Mengerikan Terjadi di Universitas Warwick Inggris

"Ia memperlihatkan kepada saya obrolan daring penuh ancaman perkosaan yang sudah berlangsung selama satu setengah tahun" - BBC
"Ia memperlihatkan kepada saya obrolan daring penuh ancaman perkosaan yang sudah berlangsung selama satu setengah tahun" - BBC
Sumber :
  • bbc

"Perkosa saja semua yang tinggal di apartemen itu supaya mereka kapok," tulis sebuah pesan di obrolan daring.

"Ya Tuhan. Saya bakalan benci sekali ada di situ kalau saya punya vagina," tulis yang lainnya.

Anna - bukan nama sebenarnya - sedang menggulir ratusan pesan bermuatan kekerasan seksual di sebuah obrolan berkelompok di Facebook.

Anna melihat namanya dan nama teman-teman perempuannya disebut puluhan kali di obrolan itu.

Para laki-laki yang menulis pesan itu - seperti halnya Anna - adalah mahasiswa ilmu Humaniora di Universitas Warwick di Inggris.

Yang mengerikan: mereka bukan cuma teman satu kuliah. Mereka adalah teman-teman dekat Anna.


Para peserta obrolan daring itu bukan cuma teman-teman sekelas, tapi juga teman baik Anna sendiri - BBC

Beberapa pekan sesudah Anna menemukan obrolan itu, omongan mulai beredar di seluruh kampus. Hal yang tadinya merupakan obrolan pribadi "anak laki-laki" segera mengalami ekskalasi.

Anna dan seorang teman perempuannya - yang juga dijadikan sasaran di obrolan itu - mengadukan soal ini ke pihak universitas.

Sesudah penyelidikan internal, seorang mahasiswa dipecat dari kampus dan dilarang memasuki kampus seumur hidup, dua orang lain juga dipecat dan dilarang memasuki kawasan kampus selama 10 tahun. Dua orang lagi dilarang masuk kampus selama setahun.

Namun dua orang yang mendapat larangan masuk 10 tahun dikurangi hukumannya menjadi 12 bulan, dan sejak itu pihak kampus mendapat pertanyaan serius mengenai cara mereka menangani kasus ini.