Logo BBC

Kemiskinan Bikin Perempuan Asia Sulit Beli Produk Terkait Menstruasi

JANGAN DIPAKAI
JANGAN DIPAKAI
Sumber :
  • bbc

Beberapa perempuan Asia menghadapi kenyataan pahit terkait menstruasi: mereka tak sanggup membeli produk yang berkaitan dengan menstruasi.

Sebuah analisa BBC membandingkan biaya produk terkait menstruasi di 21 negara dan wilayah di Asia. Hasilnya, perempuan di Pakistan menghabiskan biaya paling besar untuk menstruasi mereka.

Perempuan di Pakistan menghabiskan sekitar 6% pendapatan bulanan mereka untuk produk menstruasi, seperti pembalut, krim dan obat penghilang rasa sakit. Jumlah ini lebih dari dua kali lipat proporsi rata-rata yang dihabiskan satu rumah tangga di Pakistan untuk biaya kesehatan dan pendidikan.

Di Indonesia, perempuan mengeluarkan 1,7% penghasilan bulanan mereka untuk mengendalikan menstruasi, ini sekitar 20% lebih tinggi daripada rata-rata perempuan di negara-negara lain yang dianalisa. Dalam masa hidupnya, perempuan di Indonesia menghabiskan Rp16,9 juta untuk mengendalikan menstruasi.

Selagi percakapan ini menjadi perhatian publik, bermunculan inisiatif untuk menghapuskan "kemiskinan terkait menstruasi". Upaya-upaya ini mendapat perhatian.

Tampon dan pembalut tetap merupakan produk populer di Asia. Namun sejumlah perempuan beralih ke produk yang bisa dipakai ulang.

` Ambil jika butuh `