Logo ABC

Mahasiswa Indonesia di UNSW Sydney Protes Perubahan Sistem Kuliah

UNSW mengubah sistem kuliah dari dua semester menjadi tiga kali kalender akademik dalam setahun.
UNSW mengubah sistem kuliah dari dua semester menjadi tiga kali kalender akademik dalam setahun.
Sumber :
  • abc

Salah satu universitas terbesar di Australia University of New South Wales (UNSW) sekarang menerapkan sistem perkuliahan baru, yaitu dalam setahun dijadikan tiga kali kalender akademis, dari yang semula hanya dua (semester).

UNSW Ubah Sistem Kuliah

Universitas New South Wales (UNSW) mengubah sistem kuliah dari dua semester jadi tiga kalender akademik per tahun. Perubahan dimaksudkan mempercepat studi mahasiswa serta penggunaan kampus bisa maksimal sepanjang tahun. Kalangan mahasiswa menentang perubahan ini dan berencana menggelar unjuk rasa besar-besaran

Namun perubahan tersebut ditentang kalangan mahasiswa yang sebagian di antara mereka berencana menggelar aksi unjuk rasa dalam waktu dekat.

Berita mengenai ketidakpuasan mahasiswa ini muncul dalam pemberitaan harian ternama Sydney Morning Herald hari Jumat (7/6/2019). Berita ini telah menjadi yang paling banyak dibaca online secara nasional.

Di Australia, UNSW adalah universitas yang masuk kelompok yang disebut Group of Eight ?(Kelompok Delapan) universitas terbesar dan ternama.

Sekarang UNSW menerapkan apa yang disebut trimester, sehingga tahun akademik lebih panjang selama enam minggu setiap tahunnya, dan selama musim kuliah 10 minggu per periode bisa mengambil 3 mata kuliah.