Logo BBC

Warga India yang Terpaksa Bertahan di Tanah Mati Kering Kerontang

Hatkarwadi sudah tiga tahun tidak cukup turun hujan. - BBC
Hatkarwadi sudah tiga tahun tidak cukup turun hujan. - BBC
Sumber :
  • bbc

Setiap pagi, Dagadu Beldar, 75, bangun tidur dan memasak nasi dan kacang lentil di rumahnya di sebuah desa di Negara Bagian Maharashtra, India. Setelah itu tidak banyak hal yang perlu dilakukan.

Dalam tiga tahun terakhir, Beldar tinggal sendiri di sebuah gubuk satu kamar yang gelap di Hatkarwadi, daerah bukit berbatu di pedalaman yang dikelilingi hutan.

Kekeringan memaksa istri dan tiga anak laki-lakinya meninggalkan desa. Tanah dan sumur daerah itu kering. Hanya tersisa sedikit air untuk minum dan mandi, sawah milik keluarga dalam keadaan terbengkalai.

Dua anak laki-lakinya mendapat pekerjaan di sebuah pabrik gula di Sangli, daerah kebun tebu yang jaraknya sekitar 400 km dari sana. Ibu mereka membesarkan anak laki-laki ketiga, yang bersekolah di sana. Wilayah Hatkarwadi telah menjadi bagian dari mimpi buruk.

Dengan bertambahnya umur, Beldare menjadi terganggu pendengarannya. Sebagian besar waktunya dihabiskan di dalam ruangannya yang gelap.

"Dia adalah seorang pria yang sangat kesepian. Dia sudah tiga tahun tidak bertemu keluarganya. Ini semua terjadi karena air," kata Ganesh Sadgar, seorang tetangganya.


Dagadu Beldar hidup sendirian setelah keluarganya meninggalkan desa karena kelangkaan air. - BBC