Logo BBC

Meksiko Jual Pesawat Kepresidenan untuk Mengatasi Migrasi Ilegal

Pesawat Boeing 787 Dreamliner itu diperkirakan senilai Rp2,1 triliun.-Getty Images
Pesawat Boeing 787 Dreamliner itu diperkirakan senilai Rp2,1 triliun.-Getty Images
Sumber :
  • bbc

Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador, berjanji akan menggunakan keuntungan dari penjualan pesawat kepresidenannya untuk mendanai upaya-upaya mengatasi migrasi ilegal.

Langkah ini dilakukan setelah Meksiko dan AS mencapai kesepakatan untuk menunda pengenaan bea impor bagi Meksiko dengan imbalan Meksiko melakukan berbagai upaya untuk menghentikan migrasi dari Amerika Tengah ke AS.

Selama kampanyenya, pemimpin berhaluan kiri ini berjanji akan menjual pesawat dan menggunakan uang itu untuk membantu masyarakat miskin.

Dia mengatakan harga jual pesawat Boeing 787 Dreamliner itu diperkirakan senilai US$150 juta, atau sekitar Rp 2,1 triliun.

Dalam kampanye pemilihan presiden 2018 lalu, Lopez Obrador, yang dikenal di Meksiko dengan inisialnya AMLO, berjanji akan menjual pesawat yang pada awalnya dibeli seharga US$218 juta itu.

Dia mengatakan kepada pendukungnya, bahwa dia akan menggunakan pesawat komersial dalam tugas kenegaraannya dan langsung merealisasikan janji kampanyenya itu beberapa hari setelah menjabat.

Penjualan pesawat itu sudah dimulai beberapa bulan lalu dan saat ini, pesawat itu berada di sebuah gudang di California.