Logo BBC

Krisis Sudan: Bagaimana Konflik Bermula dan Hal Yang Belum Diketahui

Video seorang perempuan memimpin nyanyian dan yel-yel telah menjadi viral. Dia dinamai Kandaka, yang berarti ratu Nubia. - Getty Images
Video seorang perempuan memimpin nyanyian dan yel-yel telah menjadi viral. Dia dinamai Kandaka, yang berarti ratu Nubia. - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Sudan mengalami krisis politik setelah pasukan keamanan melepaskan tembakan ke arah pengunjuk rasa pro-demokrasi di Ibu Kota, Khatoum.

Perwakilan pengunjuk rasa mengadakan pembicaraan dengan pihak militer terkait siapa yang akan memimpin setelah diturunkannya Presiden Omar al-Bashir.

Tetapi perundingan gagal ketika militer menumpas unjuk rasa tanggal 3 Juni lalu dan puluhan demonstran meninggal.

Apa yang terjadi di Sudan? Bagaimana semua itu dimulai? Kenapa dunia internasional tidak bertindak? Artikel ini akan menjelaskannya.

Militer menyatakan sudah membatalkan semua perjanjian dengan pihak oposisi, dan pemilu akan digelar dalam sembilan bulan.

Tetapi para pemprotes bersikeras meminta masa transisi selama setidaknya tiga tahun untuk memastikan pemilihan umum berlangsung bebas dan adil.

Sebagian besar negara kemudian lumpuh akibat pemogokan yang diserukan oleh oposisi, sampai entah kapan.

Di tengah kebuntuan, utusan dari Ethiopia menjadi penengah dan mengatakan bahwa pembicaraan antara kedua pihak dapat segera dilanjutkan.

Inilah semua yang perlu Anda ketahui.

Apa yang terjadi pada para pemrotes di Sudan?

Para pakar mengatakan bahwa dewan militer menggunakan "kekerasan brutal" dan gas air mata, dengan banyak orang terbunuh dan terluka pada tanggal 3 Juni lalu.