Putra Mahkota Saudi Tuding Iran di Balik Serangan Dua Kapal Tanker

Pangeran Mohammad bin Salman.
Sumber :
  • SAUDI KINGDOM COUNCIL

VIVA – Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman alias MBS menuding Iran sebagai pelaku serangan terhadap kapal-kapal tanker di teluk Oman belum lama ini. Dia kemudian menegaskan tak akan takut mengambil tindakan tegas atas semua ancaman yang bisa membahayakan Kerajaan Saudi.

Sosok Kriangkrai, PRT Sebabkan Sejarah Berdarah Thailand-Arab Saudi

Dikutip dari laman Aljazeera, dua kapal tanker mengalami serangan ledakan pada Kamis pekan lalu. Serangan ini adalah yang kedua kali yang terjadi dalam waktu sebulan belakangan. Serangan tersebut juga menyebabkan hubungan antara Iran dan Amerika Serikat semakin panas. 

"Kami tidak mau ada perang di wilayah ini. Namun kami tak akan segan-segan menghadapi segala bentuk ancaman terhadap rakyat kami, kedaulatan kami dan kepentingan wilayah kami," kata MBS.

Arab Saudi-Thailand Berselisih 30 Tahun karena PRT Pangeran

"Iran bahkan tidak menghormati sama sekali kunjungan PM Jepang yang sedang berada di Teheran dan merespons masalah diplomatik dengan meledakkan dua tanker yang salah satunya adalah kapal Jepang," tuding MBS lagi.

MBS juga menuduh bahwa Iran tak lain berada di belakang ledakan dan serangan terhadap empat tanker pada 12 Mei 2019 lalu. Tanker tersebut berangkat dari pelabuhan Fujairah di Uni Emirat Arab.

Arab Saudi-Thailand Pulihkan Diplomatik Setelah 30 Tahun Tak Akur

Sementara Presiden AS Donald Trump menyebutkan, adanya dua kali serangan terhadap kapal-kapal tanker membat Iran tak bisa lagi mengelak. Sejak awal diketahui bahwa AS memang menuding Iran sebagai dalang serangan terhadap tanker.

Selama ini perempuan Saudi hanya bekerja di bidang yang terbatas seperti guru dan tenaga kesehatan karena ketatnya pemisahan jender. (Reuters: Hamad I Mohammed)

Lowongan Masinis Perempuan di Saudi Dibanjiri 28 Ribu Pelamar

Sebuah lowongan kerja sebagai masinis perempuan di Arab Saudi dibanjiri oleh 28 ribu pelamar, padahal hanya 30 posisi yang tersedia. Antusiasme perempuan bekerja.

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2022