Logo ABC

Pentolan Aktivis Demokrasi Hong Kong Joshua Wong Dibebaskan Lebih Awal

Joshua Wong dibebaskan setelah menjalani hukuman lima minggu dari hukuman dua bulan yang dijatuhkan terhadapnya.
Joshua Wong dibebaskan setelah menjalani hukuman lima minggu dari hukuman dua bulan yang dijatuhkan terhadapnya.
Sumber :
  • abc

Salah seorang pegiat yang aktif terlibat dalam unjuk rasa Umbrella Movement di Hong Kong tahun 2014 Joshua Wong telah dibebaskan dari penjara, di saat ketidakpastian mengenai masa depan pemimpin koloni tersebut Carrie Lam.

Lam di akhir pekan memutuskan untuk menunda pembahasan mengenai UU Ekstradisi ke China, namun sekarang para peserta unjuk rasa menuntutnya agar mundur.

Joshus Wong dibebaskan hari Senin (17/6/2019) dari Penjara Lai Chi Kok Correctional Facility di saat mahasiswa dan polisi masih saling berhadapan di jalan-jalan di kota Hong Kong menyusul unjuk rasa besar-besaran hari Minggu.

Penyelenggara mengatakan sekitar dua juta orang turun ke jalan menuntut pengunduran diri Carrie Lam, hal yang sudah menjadi unjuk kekuatan terbesar sejak Hong Kong dikembalikan oleh Inggris ke China 22 tahun lalu.

a group of men wear masks covering their mouth and nose in the middle holds up a sign saying stop violence we are not rioter
Sekitar 2 juta orang dilaporkan turun ke jalan melakukan unjuk rasa menuntut RUU Ekstradisi tidak dibahas di parlemen Hong Kong.

AP: Vincent Yu

Joshua Wong (22 tahun) menjalani tahanan selama lima minggu dari hukuman dua bulan yang dijatuhkan terhadapnya karenanya perannya dalam unjuk rasa tahun 2014 yang mendesak adanya pemilihan umum yang lebih demokratis.