Logo BBC

Mohammed Morsi: Pria yang Masa Kepresidenannya Dipangkas Militer Mesir

Mohammed Morsi terpilih sebagai presiden Mesir, dua tahun setelah Hosni Mubarak dilengserkan. - BBC
Mohammed Morsi terpilih sebagai presiden Mesir, dua tahun setelah Hosni Mubarak dilengserkan. - BBC
Sumber :
  • bbc

Mohammed Morsi merupakan presiden Mesir pertama yang terpilih secara demokratis, namun masa kepemimpinannya hanya bertahan selama setahun sebelum dilengserkan oleh militer pada 3 Juli 2013.

Aksi militer tersebut terjadi setelah demonstrasi anti-pemerintah berlangsung selama berhari-hari serta penolakan Morsi atas ultimatum para jenderal untuk menanagani krisis politik terburuk Mesir sejak Hosni Mubarak diturunkan pada 2011.

Selang empat bulan setelah dia dilengserkan, Morsi diadili bersama 14 pejabat senior gerakan Ikhwanul Muslimin. Mereka dituduh menghasut para pendukungnya untuk membunuh seorang wartawan dan dua demonstran dari kubu oposisi, serta memerintahkan penyiksaan dan penahanan terhadap pemrotes lainnya.

Tuduhan itu berkaitan dengan rangkaian bentrokan antara demonstran oposisi dan pendukung Ikhwanul Muslimin di luar istana kepresidenan Ittihadiya di Kairo, pada Desember 2012.

Pada sidang pertama, Morsi berteriak dari kursi terdakwa bahwa dirinya adalah korban "kudeta militer" dan menolak aparat hukum mengadilinya.

Dia lantas dibebaskan dari tuduhan pembunuhan, namun divonis 20 tahun penjara lantaran memerintahkan penyiksaan dan penahanan sejumlah demonstran. Morsi kemudian menghadapi serangkaian gugatan lainnya dan divonis dengan hukuman mati, walau vonis itu belakangan dibatalkan.

Saat meninggal dunia di pengadilan pada 17 Juni 2019, dia sedang diadili atas gugatan melakukan tindakan mata-mata.