Setelah 5 Tahun, Penyidik Akan Sebut 4 Tersangka Jatuhnya Pesawat MH17

Pesawat Malaysia Airlines MH17.
Sumber :
  • tilulas.com

VIVA – Tim investigasi kecelakaan jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 akan sampai pada pengumuman bakal adanya empat tersangka atas kasus jatuhnya pesawat yang menewaskan seluruh penumpang dan kru pesawat itu.

Pilot Veteran Australia Ungkap Teori Mengerikan, Rahasia Kelam Malaysia Airlines MH370 Terkuak?

Dilansir laman BBC, kecelakaan MH17 yang jatuh di wilayah Ukraina pada 17 Juli 2014 atau lima tahun silam itu menewaskan 283 penumpang termasuk 80 anak di antara korban. Kemudian, 15 awak kabin juga tewas.

Tim investigasi gabungan yang dipimpin oleh tim Belanda dengan nama JIT selama ini menyelidiki pesawat jatuh yang terbang dari Amsterdam, Belanda menuju Kuala Lumpur, Malaysia tersebut. Namun, pesawat itu jatuh saat berada di langit wilayah timur Ukraina yang diketahui adalah wilayah yang dikuasai oleh separatis Ukraina yang disokong pihak Rusia.

Polisi Australia Tahan Seorang Pria atas Ancaman Bom di Malaysia Airlines, Terancam 10 Tahun Penjara

Belakangan diduga kuat bahwa MH17 jatuh akibat ditembak kelompok separatis yang disebut sedang menguji coba rudal yang mereka dapatkan dari Rusia dan menargetkan pesawat terbang. 

Disebut saat ini, tim investigasi gabungan sudah memiliki bukti dugaan keterlibatan sejumlah pihak dan akan mengumumkan empat nama tersangka insiden maut itu. Pada Rabu, 19 Juni 2019, mereka akan terlebih dahulu memberikan briefing kepada para keluarga korban.

Malaysia Airlines Putar Balik di Australia karena Insiden Darurat

JIT menyatakan ada daftar panjang yang mereka sisir dan selidiki yang dianggap pihak-pihak yang bsa terlibat. Mereka mencoba mendapatkan tersangka dengan menggunakan hukum Belanda.

Sementara itu, akhir pekan lalu, jaksa menyebutkan bahwa mereka memang akan segera merilis temuan dan para tersangka akan diungkap satu per satu.

Malaysia Airlines MH370 telah hilang selama hampir sepuluh tahun

Teori Baru Hilangnya Malaysia Airlines MH370, Sebut Pilot Sengaja Jatuhkan Pesawat

Pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH370 sudah hilang selama 10 tahun. Hingga kini hilangnya pesawat tersebut masih menjadi misteri.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024