Abu Sayyaf Kembali Berulah, 10 Nelayan Diculik di Perairan Malaysia

Ilustrasi/Kelompok Bersenjata Abu Sayyaf di Filipina Selatan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/news.siteintelgroup.com

VIVA - Kelompok militan bersenjata yang diduga terkait ISIS menculik sepuluh nelayan di perairan Kalimantan, pada Selasa 18 Juni 2019, dan membawa mereka ke Filipina Selatan. Ini adalah penculikan terbaru di perairan tersebut.

Ternyata TNI Ikut Terlibat Selamatkan 4 WNI yang Diculik Abu Sayyaf

Para militan bersenjata menangkap nelayan sekitar dini hari waktu setempat, ketika mereka sedang berlayar dengan dua kapal di perairan dekat Sabah timur, Malaysia. Enam nelayan lainnya berhasil lolos.

Diberitakan Asia One, Kepala Polisi Sabah, Omar Mammah, mengonfirmasi bahwa para nelayan itu telah diculik.

Anggota DPR Respons Penyelamatan 3 WNI yang Diculik Abu Sayyaf

Menurut kantor berita resmi Malaysia, Bernama, diduga kelompok yang menculik para nelayan tersebut adalah militan Abu Sayyaf. Kelompok yang kerap meminta uang tebusan untuk itu kerap membawa korban ke pulau-pulau di selatan Filipina.

Filipina Selatan adalah rumah bagi banyak kelompok bersenjata dan Abu Sayyaf terkenal karena sering menculik warga negara asing. Para militan yang kerap menuntut uang tebusan besar itu telah berjanji setia kepada kelompok ISIS.

Seorang WNI yang Diculik Abu Sayyaf Belum Diketahui Nasibnya

Serangkaian penculikan sering terjadi di perairan antara Filipina selatan dan perairan Malaysia dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa negara Asia Tenggara telah memulai patroli Angkatan Laut di perairan tersebut pada tahun 2017 untuk mencegah penculikan. (mus)

Ilustrasi - Karyawan memeriksa kondisi suhu envirotainer berisi bahan baku vaksin COVID-19 buatan Sinovac saat tiba di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Minggu, 20 Juni 2021.

Kaleidoskop 2021: Lonjakan COVID-19, KRI Nanggala hingga Herry Cabul

Sepanjang 2021, terjadi berbagai peristiwa yang menjadi perhatian, mulai dari lonjakan kasus COVID-19, tenggelamnya KRI Nanggala-402 hingga terkuaknya kasus asusila.

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2021