Logo BBC

Tiga Orang Rusia dan Satu Ukraina Jadi Tersangka Jatuhnya Pesawat MH17

- Reuters
- Reuters
Sumber :
  • bbc

Empat orang telah ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan terkait penembakan terhadap pesawat Malaysia Airlines MH17 di Ukraina yang menyebabkan 298 penumpang dan awaknya meninggal dunia.

Pihak penuntut Belanda telah menetapkan tersangka kepada tiga orang Rusia Igor Girkin, Sergey Dubinskiy dan Oleg Pulatov, seorang Ukraina Leonid Kharchenko.

Pengadilan kasus ini dijadwalkan dimulai di Belanda pada tanggal 9 Maret 2020. Perintah internasional telah dikeluarkan untuk menangkap keempat orang ini.

Pesawat penumpang MH17 sedang dalam perjalanan ke Amsterdam dari Kuala Lumpur ketika ditembak jatuh di kawasan Ukraina yang sedang dilanda konflik.

Pihak penyelidik menyalahkan kelompok separatis yang didukung Rusia dengan tuduhan menembak jatuh pesawat itu dengan peluru kendali buatan Rusia.

Pesawat itu jatuh di Ukraina tanggal 17 Juli 2014, saat konflik antara kelompok separatis dan tentara pemerintah sedang dalam puncaknya.

Rusia membantah adanya keterlibatan mereka dan mengatakan rudal yang menghancurkan pesawat itu ditembakkan dari wilayah yang dikuasai oleh Ukraina.