Korsel Kirim Bantuan 50 Ribu Ton Beras ke Korea Utara

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae In melangkah ke wilayah Korsel.
Sumber :
  • Repro Instagram

VIVA – Korea Selatan mengirimkan hingga 50.000 ton beras ke Korea Utara yang sedang mengalami kekeringan parah hingga memukul produk pertaniannya. Bantuan ini akan menjadi bantuan dalam bentuk makanan langsung ke negara terisolasi itu dalam dekade terakhir. 

Gara-gara Korupsi Beras Miskin, Kantor Desa di Lombok Disegel Warga

Kekeringan ekstrem memang sempat dialami Korea Utara setelah negara itu mendapatkan sanksi ekonomi. Hal ini menyebabkan kurangnya persediaan bahan makanan di negara tersebut.

Dicukil dari laman BBC, Kementerian Unifikasi Korsel menilai bahwa pengiriman puluhan ribu ton beras tersebut akan dilakukan dalam waktu secepat mungkin. Sementara itu, Badan Pangan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yakni World Food Programme (WFP) akan bertugas mengawasi pengiriman hingga penyaluran donasi makanan pokok ini.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

"Pemerintah Korsel tak bisa mengabaikan begitu saja masalah pelik yang dialami rakyat Korea Utara," kata Menteri Unifikasi Korsel, Yeon-chul.

Sementara itu, bantuan makanan terakhir dari Korsel dikirimkan pada 2010 ketika Negeri Ginseng itu mengirimkan hingga 5.000 ton beras melewati perbatasan kedua negara. Namun, selain bantuan makanan pokok diketahui bahwa bukan sekali dua kali Korsel memberikan bantuan kepada negara "musuhnya".

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Korsel juga sebelumnya mengirimkan bantuan dengan nilai sekitar US$8 juta melalui PBB ke Korut dalam bentuk bantuan kesehatan bagi perempuan dan anak di negara itu. Hal itu dilakukan demi memperbaiki hubungan kedua negara yang masih dalam kondisi tak stabil.

Banjir melanda wilayah Jayanti, Kabupaten Tangerang

Logistik Bantuan Korban Banjir Ada Kutu Beras, BPBD Tangerang Minta Maaf

Bantuan logistik untuk korban banjir di Balaraja, Kabupaten Tangerang jadi sorotan karena tak layak.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024