Mantan Kepala Interpol Akui Bersalah Terima Suap Jutaan Dolar

Ilustrasi korupsi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Mantan Kepala Interpol, Meng Hongwei disebut bersalah atas kasus menerima suap US$2 juta atau £1,6 juta. Meng dilaporkan sudah mengaku bersalah di persidangannya di China.

Survei LSI: Mayoritas Rakyat Percaya Kejagung Bakal Usut Tuntas Kasus Korupsi Rp 271 T

Dilansir laman BBC, Pengadilan Tianjin menyebutkan bahwa sidang mendengarkan juri akan berlangsung pada agenda sidang selanjutnya.

Diketahui bahwa Meng yang melakukan perjalanan ke China dari Prancis, sempat dikabarkan hilang saat dia pulang kampung pada September 2018 lalu. Tak lama, Partai Komunis China menyebutkan bahwa Meng memang sudah ditahan atas dugaan kasus korupsi. Hal itu salah satu aksi atas kebijakan Presiden China, Xi Jinping atas pemberantasan korupsi di negeri Tirai Bambu.

Honda Kenalkan 3 Mobil Listrik Terbarunya Ye Series, Siap Jegal BYD

Sementara itu, istri Meng yang berdomisili di Prancis, hingga saat ini menyebutkan bahwa tuduhan itu berlatar politik. Pada Mei lalu, dia kemudian dijamin menjadi pencari suaka di Prancis, dengan alasan perlindungan, karena dia takut akan diculik bersama dengan anak-anaknya.

Meng saat ini berusia 65 tahun. Dia selama ini tinggal di Prancis, setelah mengundurkan diri sebagai Presiden Interpol, setelah ditahan oleh otoritas China. Pemerintah China menyatakan bahwa selama ini, Meng memang mereka selidiki dalam kasus korupsi. (asp)

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes
Menlu China Wang Yi dalam pidato kebijakan regional China di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Senin 11 Juli 2022.

Di Tengah Konflik Perang, Tiongkok Dukung Upaya Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi, pada hari Kamis 18 April 2024 mengatakan negaranya mendukung upaya Palestina untuk menjadi anggota penuh PBB

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024