Logo ABC

Ilmuwan Australia Ungkap Misteri Ratusan Kendi Batu Raksasa di Laos

Tim arkeolog Australia berhasil memetakan 15 lokasi baru penemuan kendi baru raksasa di Laos.
Tim arkeolog Australia berhasil memetakan 15 lokasi baru penemuan kendi baru raksasa di Laos.
Sumber :
  • abc

Peradaban kuno seperti apa yang mengukir kendi batu ukuran besar untuk menyimpan mayat yang tersebar di wilayah Laos. Itulah pertanyaan arkeologis yang belum terpecahkan hingga kini.

Tersembunyi di balik hutan lebat, peperangan dengan sisa-sisa ranjau serta bom yang belum meledak, situs kendi batu itu tetap terjaga kerahasiaannya selama ini.

Namun penelitian yang dipimpin tim dari Australia kini menawarkan petunjuk menarik.

Mereka menduga kendi-kendi itu terkait dengan praktik penguburan kuno, meski tidak diketahui pasti tujuan mereka yang membawa benda-benda ini ke sana.

Awal tahun ini, tim arkeologi Australia dan Laos dengan menggunakan pemetaan geospasial berusaha mengungkap lokasi-lokasi penemuan baru.

"Ada semacam pola bagaimana kendi-kendi itu ditempatkan. Yaitu di sepanjang bukit atau di posisi yang menonjol," jelas Nick Skopal, mahasiswa PhD dari Australian National University.

Skopal dan arkeolog Laos Souliya Bounxayhip memetakan 15 situs baru dan menambah database lebih dari 100 situs kendi yang dikenal.

A man leans against a large stone jar in the jungle Mahasiswa PhD jurusan arkeologi dari Australia Nick Skopal meneliti kendi batu kuno di Laos.