Logo BBC

Kota Suci di Ethiopia Larang Pembangunan Masjid

- Getty Images
- Getty Images
Sumber :
  • bbc

Bagi kelompok Kristen Ortodoks di Etiopia, kota kuno Aksum adalah tempat suci, rumah dari Ratu Syeba dan Tabut Perjanjian yang disebut dalam Alkitab.

Tabut itu diyakini berisi 10 perintah yang diturunkan Tuhan kepada Musa dan disebut-disebut berada dalam penjagaan para biarawan di kota itu.

Bagaimana pun, ada beberapa kelompok Muslim berupaya membangun masjid di kota itu usulan yang ditolak oleh para pemimpin Kristen, mereka mengatakan bahwa mereka lebih baik mati.

"Aksum adalah Mekah kami," kata pendeta senior Godefa Merha yang percaya bahwa seperti halnya gereja dilarang di tempat paling suci bagi agama Islam itu, masjid tidak bisa dibangun di Aksum.

"Aksum adalah tempat suci. Kota ini adalah biara," kata Godefa, wakil kepala Gereja Our Lady Mary of Zion.

Sikap yang telah sejak lama dipegang para penganut Kristen Ortodoks ini sekarang menjadi pusat kontroversi, ketika beberapa Muslim berhimpun di bawah panji "Keadilan bagi Muslim Aksum". Mereka menuntut hak membangun masjid di kota itu dan mengumandangkan azan "Allah Mahabesar" dengan pelantang suara.

Banyak orang yang menyayangkan kontroversi ini karena Kerajaan Aksum, salah satu peradaban paling kuno di dunia, pernah terkenal akan toleransi beragamanya.