Logo BBC

Dokter Kesuburan Dicabut Izinnya Usai Ketahuan Gunakan Sperma Sendiri

Dalam satu perkara hukum, Dr. Norman Barwin dituduh menggunakan spermanya sendiri untuk menghamili setidaknya dua pasien di klinik kesuburannya. - CBC
Dalam satu perkara hukum, Dr. Norman Barwin dituduh menggunakan spermanya sendiri untuk menghamili setidaknya dua pasien di klinik kesuburannya. - CBC
Sumber :
  • bbc

Badan regulator medis Kanada secara resmi mencabut izin praktik seorang dokter kesuburan yang menggunakan spermanya sendiri untuk menghamili pasiennya.

Sekolah Tinggi Dokter dan Ahli Bedah Ontario menyebut tindakan Norman Barwin, yang sudah pensiun, "sangat tercela".

Badan pengawas dokter itu meluncurkan penyelidikan atas tuduhan yang dilayangkan kepada Barwin pada 2016.

Perbuatan yang dituduhkan terhadap sang dokter terjadi pada tahun 1970-an dan melibatkan pasien dari setidaknya dua klinik kesuburan di Ontario.

Berbicara mewakili panel disipliner di Toronto pada hari Selasa (25/06), Dokter Steven Bodley mengatakan "sayang sekali" bahwa satu-satunya sanksi yang bisa mereka jatuhkan ialah mencabut lisensi Dokter Barwin dan mengeluarkan kecaman publik serta mengenakan denda.

"Anda mengkhianati [kepercayaan pasien Anda] dan, dengan tindakan Anda, sangat merugikan individu dan keluarga mereka serta menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki yang dampaknya akan terasa selama beberapa generasi," katanya.

Sekarang berusia 80 tahun, Dokter Barwin tidak muncul di hadapan panel disipliner dan diwakili oleh seorang pengacara. Dia telah berhenti praktik sejak 2014.