Logo BBC

Gelombang Panas Eropa: Suhunya bisa Capai Rekor Tertinggi di Prancis

Layanan cuaca nasional Prancis untuk pertama kalinya mengeluarkan siaga merah untuk empat wilayah di selatan.-Reuters
Layanan cuaca nasional Prancis untuk pertama kalinya mengeluarkan siaga merah untuk empat wilayah di selatan.-Reuters
Sumber :
  • bbc

Perancis mungkin mencapai suhu tertinggi yang pernah tercatat pada hari Jumat dalam. Rekor saat ini adalah 44,1 derajat Celsius – diukur selama gelombang panas pada tahun 2003 yang menewaskan ribuan orang.

Sebagai tanggapan, layanan cuaca nasional Prancis untuk pertama kalinya mengeluarkan peringatan siaga merah untuk empat wilayah di selatan. Sebagian besar negara tetap siaga oranye, level tertinggi kedua.

Sebagian besar benua Eropa mengalami cuaca panas ekstrem. Jerman, Prancis, Polandia, dan Republik Ceko semuanya telah mencatat suhu tertinggi mereka di bulan Juni, dan di Spanyol pemadam kebakaran menangani kebakaran hutan terburuk di Catalunya dalam 20 tahun.

Para pakar meteorologi mengatakan bahwa gelombang panas ini adalah akibat aliran udara panas dari Afrika utara, yang disebabkan tekanan tinggi di atas Eropa tengah dan badai yang melanda Atlantik.

Di Prancis selatan, wilayah Gard, Vaucluse, Herault, dan Bouches-du-Rhone diperkirakan akan mengalami suhu antara 42 dan 45 derajat Celsius pada hari Jumat.

Pemerintah Prancis telah meningkatkan pembatasan penggunaan air untuk mengatasi dampak gelombang panas, sementara ratusan sekolah ditutup.

Dalam wawancara di televisi, menteri kesehatan Agnes Buzyn mengaku khawatir dengan peningkatan panggilan ke nomor layanan darurat sebagai akibat dari gelombang panas.