Logo BBC

Hemeti, Wapres Interim Sudan Tak Lulus Sekolah, Dahulu Dagang Unta

Peta Sudan
Peta Sudan
Sumber :

Dia berasal dari wilayah Sudan bagian barat, tempat politik, bisnis, dan perang sering kali berkaitan.

Pria di puncak dunia politik Sudan ini adalah mantan pedagang unta, yang melihat perang sebagai cara untuk menjadi kaya dan berkuasa.

Di atas kertas, Mohamed Hamdan Dagolo yang dikenal dengan nama Hemeti adalah orang kedua di jajaran junta militer yang menguasai Sudan saat ini. Ia duduk sebagai Wakil Presiden Dewan Militer Peralihan Sudan.

Tetapi pada kenyataannya, Hemeti, yang tidak lulus sekolah dan berasal dari luar elite militer Sudan, dipandang banyak orang sebagai penguasa Khartoum.

Komandan perang Darfur ini memimpin puluhan ribu orang yang dibayar dan memiliki peralatan yang lebih baik dibandingkan pasukan militer resmi milik Sudan.

Dia juga memiliki banyak uang untuk mendanai milisi - dia memiliki konsesi untuk menambang emas di pegunungan kaya mineral dan dapat bergantung kepada sejumlah teman kuat di Arab Saudi dan sekutu di Teluk.


Hemeti dipandang sebagai orang paling kuat di antara kalangan militer. - Getty Images

Menjadi komandan perang

Kemunculannya menjadi penguasa dimulai pada tahun 2003, ketika suku kulit hitam Afrika yang kebanyakan petani melakukan penentangan fisik terhadap pemerintah di daerah barat, Darfur.