Luhut Klaim Jokowi Disenangi Pemimpin Dunia di KTT G20

Presiden Joko Widodo menghadiri KTT G20 di Osaka, Jepang,
Sumber :
  • Biro Setpres

VIVA – Presiden Joko Widodo telah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 28 dan 29 Juni 2019 di Osaka, Jepang. Jokowi pun bertemu sejumlah pemimpin negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu dan berbincang soal kerja sama bilateral hingga isu terkini.

Jokowi Sempat Malu karena Indonesia Belum Jadi Anggota Penuh FATF

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan yang juga hadir dalam kesempatan tersebut menilai kehadiran Jokowi di G20 cukup sukses. Hal itu terlihat dari banyaknya pemimpin dunia yang senang dengan Jokowi.

"Presiden itu saya lihat sangat disenangi pemimpin yang hadir di sana," kata Luhut di kantornya, Jakarta, Selasa 2 Juli 2019.

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

Menurut Luhut, Jokowi sempat berbincang hingga bercanda dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Begitu pun, Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang juga sangat rileks saat bersama dengan Ibu Negara lainnya di KTT G20.

Tak hanya itu, Luhut mengatakan, Jokowi ketika bertemu dengan putra mahkota kerajaan Arab Saudi, Mohammed bin Salman mendapat perlakuan yang sangat baik. Dia menengarai sambutan hangat putra mahkota kerajaan Arab Saudi itu karena masih berkesan ketika bertemu Jokowi saat umrah ke Arab Saudi beberapa waktu lalu.

Antre Open House Jokowi Sempat Ricuh, Istana Minta Maaf

"Nanti Mohammed bin Salman juga akan berkunjung ke Indonesia tahun ini menunggu bulan yang pas," ujar dia.

Hubungan hangat RI-Arab Saudi ini, lanjut Luhut, juga diharapkan membawa investasi yang besar ke Indonesia. Sebab, saat ini Saudi Aramco masih melakukan finalisasi studi pengembangan kilang di Indonesia yang diperkirakan investasinya mencapai US$7 miliar.

"Kemudian pertemuan dengan Presiden Turki, Erdogan juga menarik, Presiden Erdogan juga bersahabat banget. Setiap ada masalah Timur Tengah, Pak Erdogan paling sering telepon ke Pak Jokowi. Banyak hal yang dibicarakan salah satunya pertahanan," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya