California Selatan Diguncang Gempa Paling Kuat dalam Dua Dekade

Ilustrasi mesin seismograf membaca gempa.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Nyoman Budhiana

VIVA – Bagian selatan California, Amerika Serikat diguncang gempa paling kuat yang pernah terjadi dalam 20 tahun terakhir di wilayah itu. Dikutip dari laman BBC pada jumat 5 Juli 2019, gempa dengan kekuatan 6,4 Skala Richter itu menyebabkan berbagai kerusakan dan kobaran api.

Gencarkan Promosi, Langkah Sandiaga Pulihkan Pariwisata Gunung Ruang usai Erupsi

Adapun letak episentrum gempa berada di Kota Ridgecrest yang jaraknya 150 mil atau sekitar 240 kilometer di bagian timur laut Kota Los Angeles.

Sementara satuan petugas pemadam kebakaran dan satuan tugas penyelamat turun tangan dengan cepat menanganai khususnya kobaran api yang disebabkan guncangan yang menjadi pemicunya.

Gunung Ruang Erupsi Tim SAR Susuri Pesisir Laut Kepulauan Sitaro Evakuasi Warga Tertinggal

Masyarakat yang berada di Mojave Desert ke pantai Pasifik dilaporkan merasakan guncangan yang cukup kuat tepat pada hari Kemerdekaan AS ke-243 tersebut. Ahli Geologi, Profesor John Rundle menjelaskan, ada kerusakan signifikan yang terjadi di Ridgecrest yang menjalar dari selatan ke barat dari titik episentrum.

Rumah sakit lokal di Ridgecrest menerima orang-orang yang dievakuasi. Hal itu dibenarkan oleh Departemen Pemadam Kebakaran Kern County.

Aktivitas Erupsi Gunung Ile Lewotolok Masih Tinggi, Menurut Badan Geologi

Satuan pemadam sudah membawa hingga puluhan orang ke rumah sakit. Kebanyakan mereka mengalami luka minor atau luka ringan.

Juru Bicara kantor Gubernur California, Brad Alexander mengatakan bahwa hingga hari ini, satuan pemadam masih melakukan penyisiran untuk memastikan tak ada korban yang terperangkap khususnya di area Ridgecrest. Diketahui sejumlah gedung di wilayah itu sempat terbakar.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024