Logo ABC

Penahanan Etnis Muslim Ughur di China, Berawal dari Pabrik Mainan

Suasana di Urumqi satu dekade lalu yang memberikan dampak bagi kehidupan warga Uighur di China.
Suasana di Urumqi satu dekade lalu yang memberikan dampak bagi kehidupan warga Uighur di China.
Sumber :
  • abc

Kerusuhan yang berujung pada kekerasan terhadap etnis terburuk yang pernah terjadi China hingga adanya kamp-kamp penahanan di Xinjiang dimulai dari tempat yang tidak diduga sebuah pabrik mainan.

Insiden Etnis Uighur dan Han di China telah terjadi selama beberapa dekade. Kerusuhan di Urumqi 2009 menjadi pemicu tragedi Xinjiang. Dilaporkan 1 juga Muslim dari etnis Uighur masuk kamp penahanan.

5 Juli 2019 menjadi peringatan 10 tahun kerusuhan Urumqi, antara etnis Muslim Uighur dengan etnis Han di jalanan Ibu Kota Xinjiang.

Uighur adalah suku minoritas China dari Asia Tengah yang berbahasa Turki memiliki perbedaan dengan suku Han, di mana Urumqi berlokasi lebih dekat ke Kabul, Afghanistan daripada ke Ibu Kota Beijing.

Dimulai dengan protes damai turun ke jalan dan kemudian menjadi liar dengan aksi penjarahan, pemukulan hingga pembunuhan warga China dan kematian yang memakan korban dari kedua suku.

Insiden satu dekade lalu telah menyebabkan konsekuensi panjang, di mana lebih dari 1 juta Muslim Uyghur dilaporkan dimasukkan ke kamp penahanan untuk "dididik ulang" dan Xinjiang menjadi provinsi yang memata-matai warganya.

Apa yang terjadi pada 5 Juli? Women in scarves stand, woman in centre wears red and puts her fist in the air. Another woman holds a baby. Warga Uyghur menggelar protes dan terlibat konflik dengan warga Han di tahun 2009 hingga berakhir pada kekerasan yang mematikan.

Reuters, Nir Elias