Logo ABC

Usulan Denda Rp2 Juta bagi Penyeberang Jalan yang Lihat Ponsel

Semakin banyak pejalan kaki di Australia yang menggunakan HP ketika menyeberang jalan, hal yang bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.
Semakin banyak pejalan kaki di Australia yang menggunakan HP ketika menyeberang jalan, hal yang bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.
Sumber :
  • abc

Semakin banyak pejalan kaki di Australia yang menggunakan HP atau mendengarkan musik menggunakan headphone ketika menyeberang jalan, hal yang bisa membahayakan mereka sendiri dan orang lain.

Usulan denda Rp2 juta bagi pejalan kaki yang menyeberang sambil memainkan HP. Semakin banyak pejalan kaki tewas karena kehilangan konsentrasi ketika menyeberang. Kota Honolulu di Hawaii sudah menerapkan denda serupa

Karena itu guna mengurangi kebiasaan tersebut, sebuah organisasi di sini mengusulkan agar denda bagi mereka yang melakukan hal tersebut sekitar Rp 2 juta atau $AUD 200.

Lembaga yang mengusulkan tersebut adalah Dewan Pejalan Kaki Australia (Australian Pedestrian Council, PDA), yang mengatakan bahwa sampai saat ini di Australia belum ada hukum yang mengatur perilaku seperti ini dan karenanya perlu dilakukan.

Dewan Pejalan Kaki Australia tersebut mengatakan aturan yang diusulkan disebut "Cross Road While Distracted” (Menyeberang Jalan Sambil Melakukan Hal Lain).

Presiden PDA Harold Scruby kepada ABC mengatakan bahwa sudah saatnya peraturan denda tersebut diberlakukan, karena kampanye bagi keselamatan pejalan kaki yang mereka lakukan selama 10 tahun terakhir sudah mencukupi dari sisi pendidikan.

"Sekarang waktunya untuk memperkuatnya dengan aturan denda," kata Scruby.