Logo BBC

Tragedi Manusia, Anak dan Wanita Hamil Jadi Korban Pembantaian Suku

Perang suku kerap terjadi di kawasan ini selama bertahun-tahun - Education Images
Perang suku kerap terjadi di kawasan ini selama bertahun-tahun - Education Images
Sumber :
  • bbc

Anak-anak dan perempuan hamil turut menjadi korban terbunuh dalam perang antarsuku yang terjadi di dataran tinggi Papua Nugini (PNG).

Sekurangnya 24 orang dipastikan terbunuh dalam kekerasan brutal yang terjadi antar suku dalam beberapa hari belakangan di Provinsi Hela. Beberapa laporan menyatakan jumlah korban lebih tinggi.

Perdana Menteri (PM) Papua Nugini Kames Marape menyatakan bahwa "ini merupakan hari paling menyedihkan dalam hidup saya," katanya seraya berjanji akan mencari tahu siapa pelaku pembunuhan-pembunuhan itu.

Peristiwa ini merupakan yang terburuk yang menimpa PNG dalam beberapa tahun terakhir.

Gubernur Hela Philip Undialu, menyatakan kepada kantor berita Reuters, "ini sangat menyedihkan" dan menjelaskan bahwa pembunuhan tersebut merupakan bagian dari konflik menahun di sana.

"Ini merupakan pembalasan dari serangan sebelumnya. Kedua serangan terjadi di komunitas yang tak tahu apa-apa, dan mereka tak memperkirakan hal seperti ini terjadi. Kita semua kaget."

Pihak berwenang menyatakan wilayah ini tengah berjuang mengatasi kekerasan yang kerap dipicu oleh pembagian lahan dan sumber daya.