Gara-gara Donald Trump, Dubes Inggris Mengundurkan Diri

Earpiece menempel di telinga Presiden AS Donald Trump.
Sumber :
  • Yahoo Finance

VIVA – Sir Kim Darroch mengundurkan diri dari jabatan duta besar Inggris untuk Amerika Serikat menyusul adanya ketegangan diplomatik yang terjadi antara dua pemerintah negara yang selama ini diketahui bak sekutu tersebut.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Dikutip dari laman Aljazeera, Dubes Kim Darroch yang berusia 65 tahun itu mengonfirmasi pengunduran dirinya pada Rabu, 10 Juli 2019.

"Situasi terkini membuat saya tidak mungkin lagi efektif menjalankan peran saya," kata Sir Kim Darroch menyusul bocornya dokumen soal penilaian tentang Presiden AS Donald Trump yang dianggap tak pantas.

Piramida Sepakbola Inggris dalam Bahaya

"Sejak adanya kebocoran dokumen dari kedutaan ini menyebabkan banyaknya spekulasi muncul dan juga mempertimbangkan soal sisa waktu saya menjabat yang memang tak lama lagi. Jadi saya ingin akhiri saja berbagai spekulasi," lanjutnya.

Diketahui bahwa dokumen yang bocor ke koran Inggris adalah merupakan telegram diplomatik yang diduga dibocorkan oleh pihak yang simpati kepada Trump, namun sebaliknya ingin mempermalukan dubes Inggris. Disebutkan bahwa telegram diplomatik dari kedubes itu cenderung melaporkan negatif soal Trump.

Honda Luncurkan Motor Naked Sports Terbaru

Tak lama, Trump juga berkata-kata tak menyenangkan kepada PM Inggris Theresa May dan menyebutkan bahwa pemerintah AS tak mau lagi berhubungan dengan dubes Inggris yang mereka tempatkan itu.

"Kacau sekali dia dan orang-orang yang ditugaskannya," kata Trump melalui akun Twitter soal Theresa May dan dubesnya.

Range Rover Electric

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

Merek mobil mewah asal Inggris Jaguar Land Rover mengumumkan rencana untuk menghadirkan Range Rover versi listrik untuk pasar global pada akhir tahun ini.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024