Logo ABC

Walau Kuasai Bahasa Inggris, Warga Muslim di Australia Sulit Dapat Pekerjaan

Tidak ada perbedaan antara mereka yahg tidak bisa berbahasa Inggris dan yang bisa di kalangan warga Muslim untuk mendapatkan pekerjaan.
Tidak ada perbedaan antara mereka yahg tidak bisa berbahasa Inggris dan yang bisa di kalangan warga Muslim untuk mendapatkan pekerjaan.
Sumber :
  • abc

Sebuah penelitian terbaru oleh Deakin University menemukan bahwa sebagian warga Muslim di Australia kesulitan mendapatkan pekerjaan meski tingkat penguasaan bahasa Inggris mereka sangat baik.

Penelitian tidak menemukan korelasi antara kemampuan berbahasa Inggris yang baik dengan peluang lebih besar mendapatkan pekerjaan di kalangan warga Muslim. Sebaliknya, di kalangan pencari kerja non Muslim ditemukan adanya korelasi tersebut. Pengamat menilai faktor islamofobia sebagai salah satu kemungkinan penyebabnya

Penelitian ini tidak bisa memberikan jawaban mengenai mengapa hal tersebut terjadi. Namun seorang pemerhati mengatakan islamofobia mungkin menjadi salah satu penyebabnya.

Penelitian dari universitas yang berlokasi di Melbourne tersebut menggunakan data hasil Sensus Penduduk dari tahun 2006 dan 2011 mengenai anak-anak migran yang berusia 18 tahun ke atas.

Pada dasarnya mereka menemukan bahwa tingkat pendidikan warga Muslim di Australia meningkat ketika mereka memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

Namun tingkat pendidikan tak berkorelasi atau membantu warga Muslim untuk mendapatkan pekerjaan.

Salah satu peneliti, Dr Cahit Guven, tidak bisa memberikan penjelasan pasti mengenai hal itu.