Indonesia Buka Hubungan Diplomatik dengan Kepulauan Cook dan Niue

Kerja sama diplomatik dengan Kepulauan Cook dan Niue.
Sumber :
  • Dokumentasi Kementerian Luar Negeri.

VIVA – Pemerintah Indonesia secara resmi membuka hubungan diplomatik dengan Kepulauan Cook dan Niue, pada 12 Juli 2019. Peresmian pembukaan hubungan diplomatik itu dilangsungkan di sela-sela penyelenggaraan Pacific Exposition 2019 di Auckland, Selandia Baru.

RI Bicara Tegas di OKI Minta Tanggung Jawab Bantu Rakyat Afghanistan

Pembukaan hubungan diplomatik ditandai dengan penandatanganan Komunike Bersama antara Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dengan Perdana Menteri Henry Puna dari Kepulauan Cook dan dengan Perdana Menteri/Menlu Niue, Sir Toke Tufukia Talagi.

“Pembukaan hubungan diplomatik dengan Kepulauan Cook dan Niue telah melengkapi cakupan hubungan diplomatik Indonesia dengan seluruh negara Pasifik," kata Menlu Retno ?dikutip dari keterangan resminya, Minggu 214 Juli 2019.

Menlu Retno Sebut Indonesia Ingin Afghanistan Jadi Negara Damai

Kerja sama ini juga semakin memperluas ikatan Indonesia di kawasan Pasifik dan memungkinkan Indonesia untuk secara langsung hadir dan menjadi bagian dari solusi dari berbagai tantangan yang dihadapi bersama.

Kepulauan Cook menyambut baik peristiwa bersejarah ini. Dan bertekad untuk memajukan berbagai potensi kerja sama bilateral kedua negara, seperti melalui tenaga kerja di sektor pariwisata dan agrikultur.

Alasan Evakuasi WNI di Afghanistan Pakai Pesawat TNI AU

Indonesia di mata Kepulauan Cook, adalah mitra dialog yang penting di kawasan yang dipertegas oleh para pemimpin Pacific Islands Forum (PIF) di Nauru tahun lalu. Saat ini terdapat lebih dari 200 WNI bekerja di Cook Islands di sektor pariwisata, pertanian dan lainnya.

PM Niue meyakini bahwa Indonesia dan Niue akan terus menjadi sahabat dekat pada tahun-tahun mendatang. Niue juga menyampaikan harapannya untuk menggali potensi kerja sama peningkatan kapasitas serta meningkatkan perdagangan dan investasi.

Menlu Negeri Retno Marsudi saat menyampaikan sambutan di Kongres Indonesianis

ASPINA Belanda Diluncurkan, Bagaimana Prospeknya bagi Ekonomi RI

Apresiasi disampaikan Menlu Retno dalam acara peluncuran ASPINA Belanda yang berlangsung secara fisik dan daring dari KBRI Den Haag pada Kamis kemarin. Lalu?

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2022