Logo BBC

Pemerintah RI Kecam Penghargaan Kota Oxford untuk Benny Wenda

Benny Wenda, pemimpin Serikat Gerakan Pembebasan untuk Papua Barat (ULMWP). - Oxford City Council
Benny Wenda, pemimpin Serikat Gerakan Pembebasan untuk Papua Barat (ULMWP). - Oxford City Council
Sumber :
  • bbc

Pemerintah Indonesia melalui Kedutaan Besar RI di London mengecam keras keputusan Dewan Kota Oxford yang telah memberikan penghargaan Oxford Freedom of the City Award kepada Benny Wenda pada 17 Juli lalu.

Dalam pernyataan tertulisnya, KBRI London menyebut penghargaan itu "diberikan kepada orang yang salah karena orang tersebut justru merupakan pelaku dan pendukung penggunaan kekerasan dalam mencapai tujuan politiknya".

KBRI London juga mempertanyakan dasar pemberian penghargaan tersebut karena predikat `pengampanye damai untuk demokrasi` disematkan kepada Benny Wenda "di tengah banyaknya bukti yang mengaitkan yang bersangkutan dengan berbagai kekerasan bersenjata yang terjadi di Papua".

Meski demikian, dalam pernyataannya, KBRI London tidak merinci bukti-bukti yang dimaksud.

Lebih jauh, KBRI London menyatakan tindakan Dewan Kota Oxford yang memberi penghargaan kepada Benny Wenda "kembali melukai perasaan rakyat Indonesia".

Pasalnya, Dewan Kota Oxford sebelumnya telah memberi izin pembukaan kantor Free West Papua Campaign di Oxford pada 2013.

"KBRI London berpandangan bahwa pemberian penghargaan tersebut dapat menghambat upaya peningkatan kerja sama Indonesia-Inggris, khususnya dengan Kota Oxford, terutama di saat kedua negara tengah merayakan 70 Tahun hubungan diplomatik," sebut pernyataan itu.