Logo BBC

Boeing Merugi Rp68 Triliun karena Larangan Terbang 737 Max

- Reuters
- Reuters
Sumber :
  • bbc

Boeing menderita kerugian US$4,9 miliar, atau sekitar Rp68 triliun, untuk menutupi biaya akibat larangan terbang pesawat 737 Max setelah dua kecelakaan mematikan.

Sebagian besar dari uang Rp68 triliun itu digunakan untuk memberikan kompensasi kepada pelanggan Boeing atas gangguan jadwal dan keterlambatan pengiriman pesawat.

"Kami mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengelola likuiditas kami dan meningkatkan fleksibilitas neraca kami sebaik mungkin saat kami sedang mengatasi tantangan ini," kata Direktur Keuangan Boeing, Greg Smith, dalam sebuah pernyataan.

Larangan terbang ini diperkirakan akan menyedot laba yang diperoleh produsen pesawat terbesar ini dalam laporan keuangan yang diumumkan pekan depan.

Masih belum diketahui kapan 737 Max akan diizinkan kembali ke udara.

Dalam sebuah pernyataan, Boeing juga mengatakan perkiraan terbaik saat ini adalah bahwa 737 Max akan kembali terbang dalam tiga bulan terakhir tahun ini.

Kecelakaan pesawat di Indonesia pada Oktober tahun lalu, yang disusul kecelakaan lainnya di Ethiopia pada Maret, secara keseluruhan menewaskan 346 orang.