Logo ABC

Juri MasterChef Diwajibkan Bayar Kekurangan Gaji Pegawai Rp77 Miliar

Perusahaan milik George Calombaris mengakui telah membayar kekurangan gaji karyawan sebesar hampir 8 juta dolar.
Perusahaan milik George Calombaris mengakui telah membayar kekurangan gaji karyawan sebesar hampir 8 juta dolar.
Sumber :
  • abc

Kelompok usaha milik juru masak terkenal asal Australia, George Calombaris, diwajibkan membayar kekurangan gaji dan pensiun ratusan karyawan dan mantan karyawannya senilai total $ 7,8 juta atau setara Rp77 miliar.

Kelompok usaha restoran bernama MAdE Establishment itu juga dibebankan "dana kompensasi" senilai 200.000 dolar atau setara Rp 2 miliar atas perintah Komisi Pengawas Ketenagakerjaan (Fair Work Ombudsmabn).

Grup restoran yang berbasis di Melbourne ini kedapatan kurang membayar upah karyawannya di sejumlah restoran milik mereka yakni Press Club, Gazi dan Hellenic Republic.

Fair Work juga menemukan beberapa karyawan di waralaba Jimmy Grants - yang berbagi saham dengan pemegang saham dan direktur di MAdE – juga tidak mendapatkan haknya.

Para penyelidik mendapati praktek "kurang bayar yang signifikan" di restoran-restoran itu karena aturan gaji tahunan tidak diterapkan dengan benar terhadap beberapa staf, dan mereka juga tidak menghitung waktu lembur dan tarif penalti.

Mereka menemukan restoran MAdE dan beberapa toko Jimmy Grants tidak membayar stafnya dengan tingkat upah yang benar, khususnya terhadap staf paruh waktu.

Calombaris tercatat sebagai pendiri dan pemegang saham MAdE Establishment dan menjabat sebagai direktur dari 2008 hingga 2018.