Pemerintahan Sudan Alami Masa Transisi yang Sulit

Duta Besar Sudan untuk Indonesia, Elsiddieg Abdulaziz Abdalla
Sumber :
  • VIVA/Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Duta Besar Sudan untuk Indonesia, Elsiddieg Abdulaziz Abdalla mengatakan, negaranya sedang menjalani pemerintahan transisional, setelah penggulingan kepala negara, yaitu Presiden Omar Al-Bashir, yang sudah berkuasa selama 30 tahun. 

18 Juta Orang di Sudan Menghadapi Krisis Pangan Akut di Tengah Konflik

Menurut Elsiddieg, saat ini, Pemerintahan Sudan sedang mengalami masa transisi yang sulit. Sudan kini menghadapi sejumlah permasalahan internal dalam negeri.

"Masalah perdamaian, Sudan masih memiliki banyak pertempuran. Kita tidak akan memiliki pertumbuhan ekonomi yang bagus jika masih ada konflik sipil, karena infrastruktur pun bisa hancur karena itu," ucap Elsiddieg di Kantor Kedutaan Besar Sudan, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin 22 Juli 2019.

7 Negara dengan Populasi Daerah Kumuh Terbesar di Dunia

Selain itu, dia juga mengatakan, Sudan menghadapi sanksi ekonomi dari Amerika Serikat. Namun, ia tetap yakin, Sudan masih mendapatkan dukungan dari negara lainnya. 

Ia pun menegaskan, negara-negara Asia dan Eropa masih mau membangun kemitraan bisnis dengan Sudan.

Gaza dan Sudan Terus Dilanda Konflik, Umat Muslim Tidak Bisa Merayakan Idul Fitri Seperti Biasa

"Kita mengalami sanksi ekonomi selama 20 tahun lebih dari Amerika Serikat. Bayangkan saja, kita tidak terlibat dalam ekonomi dunia selama lebih dari 20 tahun. Kita dulunya punya rekan bisnis di Eropa dan di Asia, dan lain-lain. Sekarang, kita akan membangun kembali kemitraan bisnis ini, yang mungkin akan memakan waktu 10 tahun," Kata Elsiddieg. (asp)

Rakyat Sudan terpaksa mengungsi dan kelaparan akibat konflik di negaranya.

Deretan Negara Ini Tercatat Dilanda Kelaparan Terburuk Sepanjang Sejarah

Gaza menghadapi krisis kelaparan yang parah, banyak wilayah di berbagai belahan dunia juga mengalami masalah malnutrisi dan kekurangan pangan akibat konflik yang terjadi

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024