Logo BBC

Skandal Besar Pelecehan Seks Polandia, Kisah Korban Pastor

Monika, 28 tahun, menceritakan pelecehan yang dilakukan para pastor selama bertahun-tahun, saat dirinya masih remaja. - BBC
Monika, 28 tahun, menceritakan pelecehan yang dilakukan para pastor selama bertahun-tahun, saat dirinya masih remaja. - BBC
Sumber :
  • bbc

Marek Mielewczyk adalah anak laki-laki berumur 13 tahun yang membantu kegiatan di gereja ketika seorang pastor memintanya untuk datang ke pastoran.

"Di situlah tempat di mana saya pertama kali dilecehkan," katanya.

Dia adalah salah satu dari sejumlah korban, mereka sekarang telah menjadi dewasa yang muncul di sebuah film dokumenter tentang para pastor Polandia yang melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak.

Film Tomasz dan Marek Sekielski, “Don`t Tell Anyone”  telah ditonton 20 juta kali pada minggu pertama disebarkan melalui internet. Untuk pertama kalinya sikap Gereja Katolik Roma Polandia dipertanyakan.

Lebih dari 90% orang Polandia menyatakan diri sebagai penganut Katolik. Bagi kebanyakan dari mereka, Gereja dan ritualnya bukan hanya memberikan kenyamanan spiritual, tetapi juga merupakan bagian dari jati diri nasional.

Hal ini dapat menjelaskan mengapa orang Polandia lambat dalam mempertanyakan tingkah laku sebagian pastor mereka, meskipun telah terjadi skandal seks di Gereja Katolik Irlandia, AS dan negara tetangga Jerman.

Monika, 28 tahun, tidak muncul di film. Tetapi dia menceritakan kepada BBC tentang pelecehan yang dia alami selama bertahun-tahun saat para pastor melakukan upacara pengusiran setan di Polandia ketika dirinya masih remaja.


Bulan lalu uskup Polandia melakukan misa khusus saat melakukan pengkajian pengaruh skandal seks. - AFP