Logo BBC

Cepatnya Dampak Pemanasan Global Bikin Makin Sengsara

- Getty Images
- Getty Images
Sumber :
  • bbc

Peneliti menyebut kecepatan dan skala dampak dari pemanasan global saat ini melampaui peristiwa serupa dalam dua milenium terakhir.

Mereka menunjukkan bahwa peristiwa bersejarah terkenal seperti Little Ice Age tidak sebanding dengan skala pemanasan yang terlihat selama berabad-abad terakhir.

Para ilmuwan mengatakan bahwa penelitian itu menunjukkan banyak argumen orang-orang yang skeptis dengan perubahan iklim tidak lagi valid.

Ketika para ilmuwan menyurvei sejarah iklim dunia kita selama berabad-abad terakhir, sejumlah era penting tampak menonjol.

Ini berkisar dari Roman Warm Period yang berlangsung dari 250 M hingga 400 M, dan memperlihatkan cuaca hangat yang tidak biasa di Eropa, ke era Little Ice Age yang terkenal, yang memperlihatkan suhu turun selama berabad-abad dari tahun 1300-an.

Peristiwa-peristiwa itu dilihat oleh beberapa orang sebagai bukti bahwa dunia telah menghangat dan mendingin berkali-kali selama berabad-abad dan bahwa pemanasan yang terjadi di dunia sejak masa revolusi industri adalah bagian dari pola itu dan karenanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Namun, tiga makalah penelitian baru menunjukkan bahwa argumen itu mudah dipatahkan.