Logo BBC

Tokoh Oposisi Rusia Pegiat Antikorupsi Diduga Diracun di Penjara

Para pejabat mengatakan Navalny dalam kondisi yang memuaskan, tetapi dokter pribadinya mengatakan dia kemungkinan telah diracuni. - EPA
Para pejabat mengatakan Navalny dalam kondisi yang memuaskan, tetapi dokter pribadinya mengatakan dia kemungkinan telah diracuni. - EPA
Sumber :
  • bbc

Tokoh oposisi Rusia, Alexei Navalny yang dikenal karena aksi kampanye anti-korupsi di tingkat akar rumput dan memimpin demo terbesar menentang Putin pada 2011 diperkirakan diracun di penjara.

Ia merupakan tokoh oposisi yang paling menonjol yang berulang kali dipenjara. Ia dilarikan dari penjara ke rumah sakit di Moskow dan menurut dokter pribadinya dia kemungkinan diracun.

Juru bicaranya sebelumnya menduga dia kemungkinan memiliki alergi, tetapi dia mengatakan dia belum pernah mengalami reaksi alergi sebelumnya. Tetapi para pejabat mengatakan Navalny dalam kondisi membaik.

Navalny dipenjara selama 30 hari pada pekan lalu lalu setelah menyerukan aksi protes tanpa izin, yang berlangsung pada Sabtu (27/07).

Hampir 1.400 orang telah ditahan selama unjuk rasa menentang penyingkiran kandidat oposisi dari pemilihan lokal.

Uni Eropa mengkritik penggunaan kekuatan yang "tidak proporsional" terhadap para pemrotes, dengan mengatakan hal itu merusak "kebebasan mendasar untuk berekspresi, berserikat dan berkumpul".

Laporan-laporan media mengatakan sekitar 20 orang, termasuk jurnalis juga ditahan setelah berkumpul di luar rumah sakit penjara pada Minggu malam di mana Navalny dirawat.