Ethiopia Pecahkan Rekor Dunia Tanam 350 Juta Pohon Sehari

Ibu Kota Ethiopia, Addis Ababa
Sumber :
  • Dailymaverick

VIVA – Pemerintah Ethiopia memecahkan rekor dunia dengan menanam sekitar 350 juta pohon dalam satu hari. Kegiatan ini merupakan bagian dari inisiatif nasional green legacy untuk menumbuhkan empat miliar pohon selama musim panas.

4 Fakta Meninggalnya Alifia Soeryo Mahasiswa Indonesia Tertimpa Pohon di Australia

Menurut menteri setempat, pemerintah Ethiopia mendorong setiap warga negaranya untuk menanam setidaknya 40 bibit pohon. Kantor-kantor publik bahkan menutup pelayanannya akhir pekan kemarin, agar pegawai negeri sipil bisa ikut serta.

Proyek ini bertujuan untuk mengatasi dampak deforestasi dan perubahan iklim di negara yang rawan kekeringan. Menurut PBB, luas hutan di Ethiopia hanya sebesar 4 persen pada tahun 2000-an, turun dari 35 persen seabad sebelumnya.

Mahasiswi Indonesia Meninggal di Australia Usai Tertimpa Batang Pohon Besar, Begini Kronologinya

Menteri Inovasi dan Teknologi Ethiopia, Dr Getahun Mekuria, lewat akun Twitter-nya menyebutkan estimasi jumlah pohon yang ditanam sepanjang hari. Menjelang sore di hari Senin kemarin, ia memasukkan angka sebanyak 353 juta pohon.

Dr Dan Ridley-Ellis, Kepala Pusat Sains dan Teknologi Kayu di Universitas Edinburgh Napier mengungkapkan, bahwa pohon tidak hanya membantu mengurangi perubahan iklim dengan menyerap karbon dioksida di udara, tetapi juga memiliki manfaat memerangi degradasi lahan.

Menteri Siti Ungkap Cara Konkret Atasi Acaman 3 Krisis Lingkungan

"Manfaat ini khususnya dirasakan di negara-negara kering. Pepohonan menyediakan makanan, tempat tinggal, bahan bakar, pakan ternak, obat-obatan, bahan-bahan dan perlindungan pasokan air," ujarnya, seperti dilansir dari The Guardian, Selasa 30 Juli 2019.

Rekor dunia sebelumnya untuk penanaman pohon terbanyak yang ditanam dalam satu hari mencapai 50 juta, dipegang oleh India sejak tahun 2016. [mus]
 

Ilustrasi menanam pohon.

Bantu Kurangi Dampak Perubahan Iklim, Benarkah PLTS Setara Menanam 3000 Pohon?

Menangani masalah perubahan iklim merupakan aspek penting dalam rangka membangun masa depan yang berkelanjutan untuk generasi penerus bangsa terutama di Indonesia. 

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2024