Logo BBC

Perempuan Hamil Kombatan ISIS Asal Indonesia Dilaporkan Tewas di Kamp

Perempuan di kamp Al-Hol, duduk di dekat kotak-kotak bantuan. - AFP
Perempuan di kamp Al-Hol, duduk di dekat kotak-kotak bantuan. - AFP
Sumber :
  • bbc

Petugas kamp pengungsi Al-Hol menemukan jenazah perempuan yang disebutkan berkewarganegaraan Indonesia, yang meninggal di tenda pengungsinya oleh perempuan pejuang ISIS, menurut laporan kantor berita Kurdi, Hawar News Agency.

Perempuan yang disebutkan sebagai salah satu petempur ISIS bernama "Sodermini" (Sudarmini) ini tengah mengandung enam bulan dan dipukul serta disiksa dan ditemukan memar di tubuhnya.

"Dia meninggal akibat (tindak) kekerasan," tulis kantor berita yang berkantor di wilayah Kurdi, Al Hasaka, Suriah Utara itu mengutip hasil pemeriksaan dokter forensik.

Yudha Nugraha, Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri mengatakan masih melakukan verifikasi kewarganegaraan apakah benar yang bersangkutan warga negara Indonesia.

Kantor berita Hawar menyatakan identitas lain yang didapat terkait Sodermini adalah, ayahnya bernama Sardi dan ibunya bernama Nasia, berumur sekitar 30-an dan "ibu dari tiga anak".

Motif dari pembunuhan ini masih belum jelas.

Kasus kekerasan antara para petempur ISIS sering terjadi di kamp Al-Hol, yang menampung ribuan keluarga pejuang asing ISIS, menurut kantor berita Hawar.