Logo ABC

Parlemen India Larang Warga Muslim Ceraikan Istri Talak Tiga

Seorang perempuan Muslim melakukan protes menentang RUU Talak Tiga yang diajukan pemerintah India.
Seorang perempuan Muslim melakukan protes menentang RUU Talak Tiga yang diajukan pemerintah India.
Sumber :
  • abc

Parlemen India telah meloloskan UU yang melarang pria Muslim untuk menceraikan istrinya dengan cara yang dikenal dengan nama talak tiga.

Namun UU ini mendapat reaksi dari kalangan Muslim di sana sebagai campur tangan pemerintah dalam masalah kemasyarakatan.

Pemerintahan India yang sekarang dikuasai oleh Partai BJP yang berhaluan nasionalis Hindu dengan pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi sudah lama ingin melarang praktek perceraian talak tiga ini dimana seorang suami bisa menceraikan istrinya dengan mengatakan talak tiga kali.

Setelah UU ini diloloskan di Majelis Tinggi Parlemen hari Selasa (30/7/2019), yang sekarang diperlukan hanyalah tanda tangan dari Presiden sebelum resmi menjadi peraturan.

Majelis Rendah parlemen India minggu lalu sudah menyetujui RUU tersebut yang menyatakan bahwa mereka yang melakukan talak tiga bisa dikenai tindak pidana.

A Muslim woman holding a sign saying I reject uniform civil code, I do not want changes in Muslim personal law. Indian Parliament votes to outlaw a Muslim man's right to...

Space to play or pause, M to mute, left and right arrows to seek, up and down arrows for volume. Indian Parliament votes to outlaw a Muslim man's right to instantly divorce his wife ( ABC News )

India adalah salah satu dari beberapa negara di dunia yang selama ini masih membiarkan praktek perceraian talak tiga tersebut berlaku.