Logo ABC

Mahasiswa China di Australia Tuntut Kampus Cabut Poster Pro Hong Kong

Poster mendukung pro-demokrasi di Hong Kong yang dipasang di kampus University of Tasmania.
Poster mendukung pro-demokrasi di Hong Kong yang dipasang di kampus University of Tasmania.
Sumber :
  • abc

Krisis politik di Hong Kong dengan protes dan aksi turun ke jalanan telah menyebabkan pertentangan di beberapa kampus di Australia.

Di negara bagian Tasmania, sekelompok mahasiswa asal China telah meminta pihak University of Tasmania untuk mencabut poster yang mendukung kemerdekaan Hong Kong yang dipasang di kampusnya.

Beberapa poster yang mendukung gerakan pro demokrasi di Hong Kong telah berulang kali dirobek setelah dipasang di kampus yang terletak di kawasan Sandy Bay.

Dalam pernyataan yang dimuat online, Asosiasi Mahasiswa dan Akademik China di Tasmania mengungkapkan kemarahan atas adanya poster tersebut dan menentang tindakan "yang berusaha memecah China."

"… asosiasi mahasiswa kami secara resmi menyampaikan ketidakpuasan kepada universitas mengenai penghinaan terhadap China dan meminta universitas menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat untuk mahasiswa," kata pernyataan yang diterjemahkan dari bahasa Mandarin ke bahasa Inggris tersebut.

"Hormati dan pahami yang lain, hindari konflik dengan para pembangkang, dan lindungi keselamatan pribadi."

"… semua orang memiliki hak kebebasan berbicara dan kami menghormati pendapat yang berbeda. Namun kebebasan berbicara tidaklah berarti menyebarkan kabar bohong, membesar-besarkan fakta dan menyerang pribadi."