Logo BBC

Tubuh Didonasikan untuk Keperluan Sains, Malah Jadi Uji Coba Bom

Shanghai, 1985 - ADRIAN BRADSHAW
Shanghai, 1985 - ADRIAN BRADSHAW
Sumber :
  • bbc

Seorang pria mendonasikan jenazah ibunya untuk keperluan yang ia sangka adalah riset tentang Alzheimer, tapi belakangan ia ketahui tubuh itu digunakan oleh pihak militer untuk uji coba dampak ledakan bom.

Ia bersama dengan anggota keluarga donor yang lain kemudian menuntut perusahaan itu. Mereka menggugat Biological Resource Centre di Arizona menyusul razia FBI yang menemukan ratusan potong tubuh manusia di sana.

Lembaga itu sendiri sudah ditutup dan diadili dengan tuduhan penjualan tubuh manusia tidak sesuai dengan amanat dari para donornya.

Menurut dokumen pengadilan, anggota keluarga percaya bahwa donasi jenazah yang mereka lakukan ditujukan untuk keperluan riset medis dan ilmu pengetahuan.

Jim Stauffer adalah salah satu penggugat. Ia mengatakan kepada stasiun TV Phoenix ABC 15, ia mendonasikan tubuh ibunya untuk keperluan riset Alzheimer, tapi belakangan ia tahu bahwa tubuh itu dipakai untuk menguji dampak ledakan.

Dalam laporan di stasiun TV itu, Jim menyatakan jenazah ibunya didudukkan di kursi yang di bawahnya terdapat peledak yang kemudian diledakkan. Tujuan uji coba itu adalah untuk melihat dampak ledakan bom rakitan terhadap tubuh manusia.

Padahal secara khusus Jim memilih "tidak" ketika dalam formulir ditanya apakah tubuh itu boleh dipakai untuk pengujian ledakan.