Logo ABC

Mengapa Kelompok Muslim ini Ajak Agar Berkurban Hewan Dihentikan

Kelompok Vegan Muslim Initiative mengajak umat untuk memikirkan kembali bagaimana makanan dan produk yang kita konsumsi dihasilkan.
Kelompok Vegan Muslim Initiative mengajak umat untuk memikirkan kembali bagaimana makanan dan produk yang kita konsumsi dihasilkan.
Sumber :
  • abc

Miliaran umat Muslim di seluruh dunia baru saja merayakan Idul Adha, dengan menjalankan kurban sebagai salah satu rangkaian ibadah di bulan Haji.

Namun ada seruan kurban alternatif "Vegan Muslim Initiative" beralasan industri ternak telah merusak lingkungan dan membuat orang kelaparan. Mereka yakin jika Nabi Muhammad dan generasi awal Muslim mengkonsumsi lebih banyak makanan dari bahan tumbuh-tumbuhan. Produksi gas emisi rumah kaca dari industri peternakan sudah menurun lebih dari 50 persen dalam 11 tahun

Tapi kelompok Muslim yang berbasis di Melbourne, Australia, Kanada, dan Amerika Serikat mengajak umat Muslim untuk tidak lagi menyembelih kambing dan sapi.

Dengan slogan "Jangan bunuh binatang", ajakan dari kelompok bernama "Vegan Muslim Initiative" telah menimbulkan perdebatan dan kecaman, khususnya di jejaring sosial.

Kepada Erwin Renaldi dari ABC Indonesia, "Vegan Muslim Initiative" mengatakan alasan mengapa mereka giat melakukan ajakan ini karena proses peternakan yang terjadi saat ini justru menjadi penyebab kerusakan lingkungan.

"Sebagai seorang Muslim, tanggung jawab moral dan agama kita untuk menjadi warga dunia yang lebih baik dan menunjukkan kepada yang lain cara yang lebih baik untuk selamatkan dunia," ujar Sammer Hakim, pendiri kelompok tersebut.

Sebagai ganti, ia menyarankan agar menukar daging dengan makanan yang berbasis tumbuhan, atau "plant-based" untuk dibagi-bagikan.