Logo BBC

Demo Besar Hong Kong: Seberapa Parah Pariwisata Terkena Dampaknya

Hong Kong is one of the world`s most visited cities - Getty Images
Hong Kong is one of the world`s most visited cities - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Para demonstran di Hong Kong terus melanjutkan unjuk rasa, sepuluh pekan sejak demonstrasi menentang RUU ekstradisi itu dimulai.

Terkini, ribuan demonstran melakukan aksi damai di bandara internasional Hong Kong dan mengakibatkan lebih dari 100 penerbangan terpaksa dibatalkan.

Unjuk rasa berkepanjangan ini membuat Amerika Serikat memperingatkan warganya untuk "lebih berhati-hati" ketika bepergian ke sana.

Negara-negara lain, termasuk Australia, Inggris, Irlandia, Singapura, dan Jepang - juga telah mengeluarkan anjuran perjalanan atas apa yang disebut AS sebagai protes konfrontatif di wilayah Cina.

Ini bukan pertama kalinya bandara menjadi lokasi unjuk rasa: Pada tanggal 26 Juli, ribuan demonstran dan staf maskapai pro-demokrasi mengadakan aksi duduk di sana dengan tujuan untuk menjangkau wisatawan dan meningkatkan kesadaran akan tujuan aksi unjuk rasa.

Kemudian pada 5 Agustus, lebih dari 200 penerbangan dibatalkan di tengah demonstrasi di seluruh kota.

Hong Kong adalah salah satu kota yang paling banyak dikunjungi di dunia, tetapi para ahli mengatakan gangguan itu merusak sektor pariwisatanya.