Logo BBC

Batasi Jumlah Imigran, Pemerintahan Trump Ubah Puisi di Patung Liberty

Kutipan tentang `cita-cita Amerika` di Patung Liberty, New York, diubah pejabat tinggi imigrasi AS. - Getty Images
Kutipan tentang `cita-cita Amerika` di Patung Liberty, New York, diubah pejabat tinggi imigrasi AS. - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Pejabat tinggi imigrasi Amerika Serikat mengubah kutipan yang tertulis di Patung Liberty, New York, untuk menyokong kebijakan Presiden Donald Trump menghentikan bantuan makanan bagi imigran bersurat resmi.

Kepala Layanan Kewarganegaraan dan Imigrasi AS, Ken Cuccinelli, mengubah kutipan bertuliskan, " Berikan kepadaku orang-orang yang lelah, miskin, dan kerumunan massa yang merindukan kebebasan ".

Kutipan itu ditambah dengan kalimat, " yang bisa berdiri di atas kedua kaki mereka sendiri dan yang tidak akan menjadi beban publik ."

Senin (12/08), Cuccinelli mengumumkan pemberlakuan ketentuan biaya publik yang membatasi imigran resmi mendapatkan manfaat sosial seperti perumahan dan makanan.


Puisi berjudul The New Colossus ditulis penyair kelahiran New York, Emma Lazarus, tahun 1883. - Getty Images

Regulasi yang disebut peraturan biaya publik itu diluncurkan di Lembaran Federal. Ketentuan ini bakal resmi berlaku 15 Oktober mendatang.

Pemerintahan Donald Trump berharap pergantian aturan ini dapat menegakkan ketahanan nasional. Namun sejumlah pihak mengkritik, regulasi itu akan membatasi kelas ekonomi bawah AS meraih bantuan sosial.

Apa yang dikatakan pemerintah AS?