Hari Kemerdekaan RI, Warga Palestina Bikin Perayaan di Jalur Gaza

Hadiah Palestina
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Suasana ulang tahun hari Kemerdekaan RI sangat meriah. Perayaan HUT RI-74 itu juga masih berlangsung di beberapa daerah di Indonesia.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Menariknya, perayaan kemerdekaan tak hanya berlangsung di Indonesia saja lho. Tepat pada 17 Agustus 2019 kemarin beredar sebuah video mengharukan dari masyarakat Palestina yang ikut merayakan Kemerdekaan Indonesia dengan membuat karya seni di pinggir pantai lengkap dengan arak-arakan unta.

Video Berdurasi 2 Menit itu menggambarkan masyarakat Palestina yang didominasi pemuda berkumpul di pinggir pantai dan membuat karya seni pasir. 

Mantan Komandan IDF Sebut Netanyahu Bikin Israel Semakin Terpuruk

Hadiah Palestina

Video berjudul "Hadiah dari Palestina Untuk Indonesia Bertepatan HUT RI KE-74” tersebut diawali dengan seorang pemuda Palestina yang melukis bendera merah putih di pinggir pantai Gaza. Bendera merah putih itu lalu disandingkan dengan gambar bendera Palestina dan tulisan 'Hiduplah Indonesia Raya, Merdeka Palestina'. 

Biadab! Israel Eksekusi Anak Palestina Beramai-ramai dari Usia 4-16 Tahun

Selain persembahan lukisan di atas pasir, mereka juga menghadirkan parade unta membawa bendera Indonesia yang mengelilingi tulisan HUT RI KE-74. Tak hanya itu, ada juga atraksi speed boat yang mengitari pesisir pantai Gaza dengan mengibarkan bendera Indonesia.

Baca juga: Palestina Minta Pemerintah RI Hapus Bea Masuk 61 Produknya.

Video haru ini ternyata dibuat dan dikoordinir oleh Abdillah Onim, pemuda asal Galela Maluku Utara. Pada keterangan video di channel Youtubenya, pemuda yang mengaku akrab disapa Onim ini merupakan aktivis kemanusiaan dari Indonesia yang menetap di Jalur Gaza.

Bersama si pemuda Palestina pelukis pasir, Onim membuat video tersebut terlihat cukup persiapan, karena beberapa orang yang terlibat di video itu menggunakan kaos bertuliskan Indonesia, dan menggunakan drone.

Diketahui, pelukis bernama Yazid abu Jarad seorang sarjana yang kini menjadi pengangguran akibat tidak tersedianya lapangan pekerjaan di Gaza.

Video dengan backsound lagu berjudul 'Rayuan Pulau Kelapa' karya Ismail Marzuki, mendapat respons positif, mengharukan dan cukup bikin mewek netizen.

Hingga berita ini turun, video ini ditonton 26 ribu pengunjung dan mendapat 4,7 ribu likes. Penasaran pengin nonton kolaborasi Indonesia-Palestina? Berikut ini videonya. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya