Warga Palestina Lomba Panjat Pinang di Jalur Gaza, Hadiahnya?

Lomba panjat pinang di Palestina
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Perayaan ulang tahun hari Kemerdekaan RI rupanya tak hanya berlangsung di Indonesia saja. Namun warga Palestina ternyata juga turut merayakan hari Kemerdekaan RI ke-74 itu.

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Sebuah video yang diposting di Facebook, menggambarkan kegembiraan warga Palestina merayakan 17-an dengan berbagai lomba. Seperti di Indonesia, salah satu lomba yang diadakan adalah panjat pinang.

Terlihat anak-anak dan remaja yang turut serta dan terbagi menjadi 2 grup masing-masing berjumlah 5 orang. Setelah aba-aba dimulai, secepat kilat anak-anak itu memanjat pohon pinang yang sudah dibaluri cairan hitam licin mirip oli.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

Baca juga: Hari Kemerdekaan RI, Warga Palestina Bikin Persembahan untuk Indonesia

Video seru perayaan Kemerdekaan RI oleh warga Palestina itu diunggah oleh Abdillah Onim, pemuda asal Galela Maluku Utara. Pada keterangan video di channel Youtubenya, pemuda yang mengaku akrab disapa Onim ini merupakan aktivis kemanusiaan dari Indonesia yang menetap di Jalur Gaza.

Indonesia Sesalkan Palestina Gagal Jadi Anggota Penuh PBB Karena Veto AS

"Hai teman-taman, saat ini saudara dan teman-teman kita di Gaza Palestina ikut merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, sedang persiapan perlombaan panjat pohon pinang, lihat temen-temen pohon pinangnya. mereka semau sudah berkumpul, ini tim yang akan memanjat pohon pinang," ujarnya dalam video yang diunggah di akun Facebook dan Youtube @bangonim hari ini sekitar pukul 4.00 dini hari.

Uniknya meski bukan di Indonesia, namun hadiah yang disediakan dalam panjat pinang tersebut juga laiknya hadiah yang disediakan di lomba panjat pinang Indonesia, seperti sepeda, kipas angin, mixer, blender, dan sejumlah uang tunai.

"Teman-teman lihat di atas di puncak pohon pinangnya ada hadiah yaitu uang tunai ada sepeda ada kipas angin dan mixer," ujar Onim.

Meski baru diposting 2 jam lalu, namun vido ini sudah 421 kali tayang dan 34 kali dibagikan.  "Sangat sederhana, tapi bagi mereka ini adalah permainan yang sangat luar biasa, karena sebelumnya tidak pernah mereka saksikan, dan sekarang mereka merasakan sendiri pada hari ulang tahun Kemerdekaan Indonesia," ujar Onim.

Pensaran seperti apa meriahnya lomba 17-an di Palestina? Ini videonya.
 

Sebenarnya, perayaan sepertii kerap dilakukan warga Palestina. Pada 2018 misalnya, akun ini juga menyangkan video panjat pinang di sana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya